Friday 19 February 2016

Sejarah Led zeppelin



Sejarah Led Zeppelin

LED ZEPPELIN bisa dibilang ROOT OF WORLD ROCK MUSIC !!
Hampir semua grup band berkualitas ataupun musisi dunia berkiblat pada group band ini. Pengaruh istimewa grup ini memang hebat, mungkin karena mereka Cuma satu – satunya pada waktu itu ( 1969 – 1980)  grup rock yang menciptakan jenis musik sorck baru, sejenis rock n roll yang sudah dimodifikasi secara sound. Rock n roll lama yang ringan semacam the beatles dirombak habis di tangan Jimmy page dan kawan kawan.
Mereka diangap sebagai pencipta hard rock bahkan heavy metal. Kalau mereka rekaman dan konser live tidak pernah banyak latihan ! hanya 1 kali latihan, lagu direkam dan langsung dijual. Dengan kata lain improvisasi grup musik ini luar biasa hebat. Album – album led zeppelin hampir 50 % lagu – lagunya muncul dari spontanitas, tidak ada sentuhan teknologi yang canggih seperti sekarang tapi hasilnya sangat luar biasa hebat.
LED ZEPPELIN adalah kelompok musik rock dari inggris yang dibentuk bulan September  1968, Dan dibubarkan setelah pemain drum john Bonham meniggal. led zeppelin terdiri dari :
·       Robert Plant – vocal utama, harmonica


·       Jimmy page – gitar

·       John paul jhones – bass, keyboards, mandolin

·       John Bonham – drum

Dengan musiknya yang menonjolkan suara gitar yang keras dan berat, led zeppelin dianggap sebagai salah satu band heavy metal yang pertama. Sebagian besar lagu – lagu mereka merupakan interpretasi musik blues dan folk yang diberi nuansa rock, termasuk rockabilly, reggae, soul, funk, jazz, musik klasik, musik kelt, musik india, musik arab, musik pop, musik amerika latin, dan music country.
Led zeppelin tidak pernah merilis single dari lagu – lagunya yang menjadi popular di Britania Raya. Alasanya, mereka lebih menyukai konsep music rock beroientasi album. Setelah 25 tahun bubar, akibat meniggalnya john Bonham pada tahun 1980, led zeppelin tetap disanjung penggemar musik berkat pencapaian artistik, kesuksesan komersial, dan pengaruhnya yang luas di kalangan musisi rock. Hingga saat ini, album led zeppelin telah laku lebih dari 300 juta keping, diantaranya, 109,5 juta keeping laku di Amerika Serikat, dan menjadi satu – satunya grup musik yang berhasil menempatkan semua ambulnya ke dalam urutan top 10 tangga album Billboard. selain itu, Led zeppelin menempati urutan nomor satu dalam daftar 100 artis hard rock terbesar ( 100 greatest artists of hard rock ) versi VH1.
Pada 10 desember 2007, tiga orang anggota led zeppelin mengadakan konser reuni yang dipersembahkan untuk Ahmet Ertegun di The 02, London.

Fakta – fakta tentang Led zeppelin :
·       Moby dick ( 1969 ) menjadi track solo drum pertama di dunia yang dimasukan ke dalam album, diikuti oleh drummer – drummer generasi selanjutnya, kemudian John Bonham dinobatkan sebagai salah satu drummer terbaik dunia.
·       Lagu Black Dog merupakan lagu yang aneh dan rumit secara aransemen menurut kritikus & musisi.
·       Stairway To Heaven pernah menjadi lagu paling abadi No.2 setelah Bohemian Rhapsody ( queen ).
·       Led zeppelin merupakan band paling berpengaruh di Amerika dibandingkan di negaranya sendiri ( inggris ).
 Guns N’ Roses, Queen, Metallica, Dream Theater, whitesnake, AC/DC, Twisted Sister, KISS, merupakan band besar yang mengaku terpengaruh oleh Led zeppelin.

Bagikan

Jangan lewatkan

Sejarah Led zeppelin
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.