Friday 11 December 2015

Pengertian futsal

Sebenarnya apa futsal itu ?

 Futsal adalah permainan sejenis sepak bola yang dimainkan dalam lapangan yang berukuran lebih kecil. Permainan ini dimainkan oleh 10 orang ( masing masing tim dibagi 5 orang ) saja, serta menggunakan bola yang berukuran lebih kecil dan lebih berat daripada yang digunakan dalam sepak bola. Gawang yang digunakan dalam futsal pun lebih kecil. Beberapa perbedaan yang membedakan antara futsal dan sepakbola antara lain :
Futsal                                Sepak Bola
- 5 pemain inti             - 11 pemain inti
- Pergantian pemain   - pergantian maks
   Tidak terbatas              3 pemain
- 1 wasit, 1 asisten      - 1 wasit, 2 hakim
                                          Garis
- 2×20 menit                 - 2×45 menit
- offside tidak               - offside berlaku
   Berlaku
- tendangan ke dalam - lemparan ke  dalam
Dalam permainan futsal, pergerakan bola dan pemain harus berlangsung dengan sangat cepat. Seorang pemain tidak disarankan untuk menguasai bola berlama - lama seperti dalam sepak bola. Yang perlu dilakukan oleh pemain futsal adalah terus bergerak mencari tempat, mengumpan bola, dan bergerak lagi. Passing adalah faktor utama dalam permainan futsal. Untuk itu, seorang pemain harus menguasai teknik passing dengan baik. Dribbling dilakukan seperlunya saja untuk menjaga bola atau melakukan penetrasi untuk mencetak gol. Dribbling yang berlebihan hanya mempermudah lawan untul merebut bola. Yang tidak boleh diabaikan dalam permainan futsal adalah peran seorang kiper. Seorang kiper mempunyai peran yang sangat penting dalam permainan ini. Berkaitan dengan luas lapangan yang lebih kecil, dan bola yang lebih berat. Bayangkan saja, seorang kiper harus berjibaku mengamankan gawangnya dari bol berukuran kecil dan berat yang ditendang dari jarak dekat. Meskipun ukuran gawang jauh lebih kecil, seorang kiper tetap harus mempunyai kemampuan yang baik untuk mengantisipasinya bola. Reaksi cepat dan reflek yang bagus mutlak diperlukan jika tidak ingin gawangnya kemasulan gol.
Asal usul futsal
   Kata futsal sendiri berarti sepak bola dalam ruangan. Kata futsal berasal dari kata "fut" yang diambil dari kata futbol atau futebol, yang dalam bahasa spanyol dan portugal berarti sepak bola. Dan kata "sal" yanb diambil dari kata sala atau salao yang berarti di dalam ruangan. Kata ini diperkenalkan oleh FIFA ketika mengambil alih futsal pada 1989. Sebelumnya, ada beberapa nama yang sering dipakai untuk olah raga ini. Seperti five a side game, mini soccer, atau pun indoor soccer.
Bintang sepak bola yang gemar futsal
Pele, legenda brasil yang berhasil membawa 3 gelar piala dunia.
" futsal penting dalam meningkatkan kontrol bola saya, berpikir cepat, passing, juga untuk mendribbling, keseimbangan, serta konsentrasi. Futsal sangatlah penting, tidak diragukan lagi." ujarnya.
Ronaldinho, pemain terbaik dunia tahun 2005. "Futsal sangat penting untuk anak anak dalam mengembangkan kemampuan mereka dan pemahaman mereka pada permainan. Sentuhan dan caraku membawa bola kudapat dari futsal." ujarnya.
Ronaldo, Bintang timnas brasil dan ac milan, juara piala dunia 2002. "Futsal adalah tempat aku memulai segalanya, futsal adalah cintaku, futsal adalah sesuatu yang sangat aku nikmati." ujarnya.
Lionel messi, pemain terbaik sepanjang sejarah yang menjuarai 4 gelar ballon d'or. " futsal adalah permainan yang sangat bagus dan sangat membantuku." ujar pemain terbaik itu.
LAPANGAN FUTSAL

  Seperti sepak bola, lapangan futsal juga berbentuk persegi panjang. Dimana garis samping pembatas lapangan harus lebih panjang dan garis gawang. Dengan ukuran :       
Panjang        : Minimal 25 m
                        Maksimal 42 m
Lebar            : Minimal 15 m
                        Maksimal 25 m
Sedangkan ukuran lapangan untuk pertandingan internasional yaitu :
Panjang        : Minimal 38 m
                        Maksimal 42 m
Lebar             : Minimal 18 m
                         Maksimal 22 m
Sekian pembahasan artikel singkat mengenai " pengertian futsal ", sekian dan semoga bermanfaat.

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian futsal
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.