Friday 11 December 2015

Manfaat bermain gitar yang perlu diketahui

Manfaat bermain gitar yang perlu di ketahui
 

yupsss, gitar sudah tak asing lagi bagi seluruh masyarakat dan dunia tentunya di dunia musik, selain sangat berpengaruh dalam musik gitar pun menajadi alat musik yang paling sering dimainkan saat pertunjukan maupun lainya. gitar pun memiliki manfaat bagi yang memainkan dan juga pendengarnya. mau tahu manfaatnya,berikut ulasanya.

 Mampu Mempengaruhi Emosi

Pernah meneteskan airmata saat mendengar alunan gitar klasik yang dirasa sangat sedih? Padahal itu hanya sebuah suara. Entah apa yang dirasakan hati, namun saat mendengarkan petikan gitar selalu ada emosi yang seakan ikut terbawa. Tidak usaha heran dengan hal ini, karena salah satu dari manfaat bermain gitar adalah dapat mempengaruhi emosi jiwa seseorang, baik yang memainkan gitar maupun yang mendengarkan.

Melatih Konsentrasi

Hampir setiap alat musik memerlukan konsentrasi untuk memainkannya tentunya gitar. Untuk menghasilkan nada yang sesuai tentu tidak sembarangan dalam memainkannya, perlu teknik dan tata cara tersendiri untuk bermain musik. Misalnya saat memainkan gitar, kita harus benar-benar konsentrasi agar bisa menekan senar secara tepat atau saat bermain drum, ada bagian-bagian tertentu yang harus dipukul, semua hal tersebut perlu konsentrasi tinggi sehingga tak heran jika orang-orang yang bergelut dalam dunia musik memiliki tingkat konsentrasi yang baik
.
Mengajari Untuk Tekun
Untuk menguasai satu alat musik bukanlah hal yang mudah terlebih jika memulainya dari nol dan tanpa bimbingan orang yang telah ahli atau bisa. Namun berkat keinginan yang kuat dan ketekunan dalam berlatih, seseorang dapat menjadi mahir. Perlu latihan yang disiplin dan ketekunan untuk bisa memainkannya, sehingga dalam proses belajar gitar itulah diri kita dilatih untuk tekun. Ini merupakan nilai positif yang didapat dari manfaat bermain gitar yang harus anda ketahui.
Melatih Untuk Banyak mendengar
Salah satu pancaindera utama yang berperan penting dalam musik adalah telinga, hal ini membuat kita banyak belajar mendengar saat sedang bermain gitar. Bagaimana membedakan nada, not dan lirik merupakan dari bagian dalam mendengarkan yang baik. Hal baik semacam ini akan terbawa dalam sikap kita saat berinteraksi dengan orang lain. Menjadi pendengar yang baik terkadang menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh orang disekitar kita
.
Menghilangkan Stress
Seringkali saat kita suntuk atau sedang stress, setelah mendengarkan musik dan bermain gitar, perasaan dan pikiran seakan lebih tenang. Alunan jenis musik klasik dan instrumental biasanya paling ampuh membuat diri lebih rileks saat stress sedang melanda. Satu lagi dari manfaat bermain gitar yang penting untuk kamu ketahui.

meningkatkan Kreativitas
Orang-orang yang dekat dengan dunia musik adalah orang-orang yang memiliki kreativitas tinggi. Dimulai dari mempelajari alat musik gitar kemudian bisa berkembang mencoba mengutak-atik nada dan menulis lagu. Semua itu merupakan bagian dari kreativitas yang tak dapat dipisahkan mengenai manfaat bermain gitar.
Meningkatkan Daya Ingat
Untuk bisa memainkan gitar secara benar, dengan berbagai not dan tangga lagu yang berbeda tentu perlu ingatan yang kuat dalam melakukannya, hal ini melatih daya ingat seseorang secara disadari atau tidak saat bermain gitar.
 
Membangun Rasa Percaya Diri

Ada kebanggaan tersendiri saat seseorang bisa memainkan alat musik gitar. Tak heran jika gitar dapat membangun rasa percaya diri, terlebih saat harus tampil didepan umum.
Melatih Kepekaan
Saat seseorang tergabung dalam kelompok musik seperti band atau grup vocal, ada ikatan batin yang terjalin secara perlahan saat mereka berkumpul dan berlatih bersama-sama. Melalui gitar, sensitifitas seseorang menjadi lebih terasah.dan yang terakhir dari manfaat bermain gitar lainya.
Menghargai Waktu
Ketika harus latihan teratur atau les musik sesuai jadwal, mereka yang benar-benar ingin bisa dalam bermain alat musik gitar akan menghargai setiap waktu untuk hal-hal yang dapat membuat mereka semakin mahir.
Demikian artikel tentang “manfaat Bermain alat musik gitar Yang Harus Anda Ketahui.” Terimakasih telah membaca hingga tuntas. Semoga bermanfaat.

Bagikan

Jangan lewatkan

Manfaat bermain gitar yang perlu diketahui
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.